video Inilah Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar

Inilah Tanda Tanda Malam Lailatul QadarBaperNet, Malam Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ, malam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi hanya pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur’an telah digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan lainnya. Lailatul Qadar juga diperingati sebagai malam diturunkannya wahyu Al Qur’an. Deskripsi yang menjelaskan tentang keistimewaan malam yang lebih baik dari seribu bulan lainnya ini dapat dijumpai pada Surat Al-Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur’an.

Lailatul Qadar dapat juga di artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah kepada semua umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Keistimewaaan malam lailatul qadar dapat ditemukan dalam Al Qur’an, tepatnya Surat Al Qadar malam ini dikatakan memiliki nilai lebih baik dari seribu, bulan .97:1 Pada malam ini juga dikisahkan Al Qur’an diturunkan, seperti dikisahkan pada surat Ad Dukhan ayat 3-6.

Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar

Bagaimana kita bisa tahu bahwa malam Lailatul Qadar telah tiba? Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda tentang tanda-tanda datangnya Lailatul Qadar. Bila kita merasakan keempat hal ini, maka kemungkinan besar Lailatul Qadar telah kita jumpai. Keempat tanda dan ciri tersebut antara lain:

  1. Matahari akan terbit pada pagi harinya dalam keadaan jernih, teduh, seperti tidak ada sinar. Dari Abi bin Ka’ab bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,”Subuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik.” (HR. Muslim)
  2. Keesokan hari malam Lailatul Qadar, sinar matahari tampak cerah namun teduh.
  3. Di malam Lailatul Qadar, udara tidaklah dingin, tidak berawan, tidak panas, dan tidak ada badai.
  4. Malaikat akan menurunkan ketenangan sehingga manusia bisa merasakan ketenangan tersebut dan merasakan kelezatan dalam beribadah, yang tidak didapatkan pada hari-hari yang lain.

    Tanda Seseorang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

    Syaikh Khalid Al-Mushlih hafizhahullah menyatakan bahwa tidak ada tanda-tanda khusus jika seseorang sudah mendapatkan Lailatul Qadar. Beliau juga menerangkan, jika kita memperbanyak beribadah terus menerus di sepuluh hari terakhir dibulan Ramadhan, tentu kita mendapatkan malam penuh kemuliaan tersebut. Demikian yang beliau utarakan dalam salah satu video youtube yang di upload pada Dec 11, 2010.

    Yang perlu dipahami bahwa cara menghidupkan malam tersebut bisa dengan mengerjakan shalat Isya, shalat tarawih (shalat malam) dan shalat shubuh. Mengerjakan ketiga shalat ini dapat dicatat telah mengerjakan shalat semalam penuh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s