Kajian Islam: Besar Fidyah dan Cara Pembayaran Fidyah

Kajian Islam: Besar Fidyah dan Cara Pembayaran Fidyah Bapernet.com – Pengertian Fidyah adalah pengganti puasa bagi orang yang sudah tua atau wanita hamil/menyusui yang tidak kuat lagi puasa. Besarnya jumlah fidyah itu adalah satu mud dengan mud nabi. Setiap satu mud digunakan untuk membayar puasa yang ditinggalkan selama sehari. Maka, jika tidak puasa selama 30 hari, membayar 30 mud. Namun Allah SWT memberi kemudahan dalam melaksanakan berdasarkan firmannya :

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ [البقرة : 185]

Artinya: Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu [Q. 2: 185].

Bentuk dan Besaran Fidyah

Menurut Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc. MA yang di lansir dari RumhFiqih.com, bentuk fidyah puasa berupa makanan, yang biasanya adalah makanan pokok. Makanan pokok ini bisa dalam bentuk siap makan atau hanya berupa bahan mentah, karena memang tidak ada aturan khusus yang mengikat, maka keduanya boleh-boleh saja.

Seberapa banyak jumlahnya yang harus dikeluarkan, disini para ulama berbeda pandangan:

Satu Mud

Imam An-Nawawi dalam Al-Majmu’, jilid 6, hal 257-259, Beliau mengemukakan pendapatnya bahwa kewajiban fidyah itu hanya satu mud. Istilah mud ini adalah istilah yang menunjuk ukuran volume, bukan ukuran berat, sehingga jika dikonfersi kedalam hitungan berat sebagian menilai jumlahnya adalah 675 gram, atau kurang dari 1 liter. Satu mud ini berarti seperempat ukuran zakat fitrah yang jumlahnya empat mud.

Satu Sha’

Imam Al-Kasani dalam Bada’i’i wa As-Shana’i’, jilid 2, hal. 92. Satu sha’ itu setara dengan empat mud, sama dengan jumlah zakat fitrah yang dibayarkan. Jika dikonfersi kedalam ukuran gram, lebih kurang beratnya adalah 2, 176 gram, atau 2, 7 liter.

Bagaimana cara pembayaran fidyah?

Inti dari pembayaran fidyah adalah mengganti satu hari puasa yang tertinggal dengan memberi makan satu orang miskin. Namun, metode pembayarannya dapat diterapkan dengan dua cara, yaitu:

  1. Membuat makanan, kemudian mengundang orang miskin sebanyak jumlah hari yang ditinggalkan selama bulan Ramadhan. Sebagaimana hal ini dilakukan oleh Anas bin Malik ketika beliau sudah usia tua (dan tidak sanggup berpuasa).
  2. Memberikan kepada orang yang miskin berupa makanan yang belum dimasak. Alangkah lebih sempurna lagi jika juga diberikan sesuatu untuk dijadikan lauk.

Semua pemberian ini dapat dilakukan dengan cara sekaligus, misalnya membayar fidyah untuk 20 hari disalurkan kepada 20 orang miskin. Atau dapat juga diberikan hanya kepada satu orang miskin saja sebanyak 20 hari.

Al Mawardi mengatakan, “Boleh saja mengeluarkan fidyah pada satu orang miskin sekaligus. Hal ini tidak ada perselisihan di antara para ulama.”

Kapan pembayaran fidyah?

Seseorang dapat membayar fidyah pada hari dia tidak melaksanakan puasa. Atau sampai hari terakhir bulan Ramadhan, sebagaimana dilakukan oleh sahabat Anas bin Malik ketika beliau telah tua.

Yang tidak boleh dilakukan adalah pembayaran fidyah sebelum Ramadhan.
Misalnya: Ada orang yang sedang sakit yang tidak dapat diharapkan lagi kesembuhannya, saat bulan Sya’ban telah datang, dia sudah terlebih dahulu membayar fidyah. Maka yang seperti ini tidak dibenarkan. Ia haruslah menunggu sampai bulan Ramadhan, barulah ia boleh membayarkan fidyah ketika hari itu juga atau bisa ditumpuk sampai di akhir bulan Ramadhan.

Bolehkah membayar fidyah dengan Uang?

KH Arwani Faishal sebagai Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Mas’ail PBNU mengatakan, Fidyah adalah pengganti dari suatu ibadah yang telah ditinggalkan, berupa sejumlah makanan yang diberikan kepada fakir miskin (Diambil dari NU.or.id (30/09/08 ).

Definisi dan tujuan fidyah yang merupakan santunan kepada orang-orang miskin, maka boleh saja memberikan seseorang memberikan fidyah dalam bentuk uang lanntaran bagaimana jika orang miskin tersebut sudah cukup memiliki bahan makanan. Bukankah akan lebih baik memberikan fidyah dalam bentuk uang saja agar dapat dipergunakannya untuk keperluan yang lain.

Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kewajiban fidyah boleh dibayarkan dengan uang, jika sekiranya lebih bermanfaat. Namun jika ada indikasi bahwa uang tersebut akan dipakai untuk foya-foya, maka wajib memberikan dalam bentuk bahan makanan pokok.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s