NATO, AS dan Uni Eropa memperingatkan Erdogan Untuk Meghormati Aturan Hukum

NATO, AS dan Uni Eropa memperingatkan Erdogan Untuk Meghormati Aturan Hukum
Demonstran mengibarkan bendera di Istanbul pada 17 Juli 2016 saat demonstrasi mendukung pemerintah Turki setelah upaya kudeta yang gagal

Bapernet.com, Brussels – Amerika Serikat, Uni Eropa dan NATO pada Senin (17/7/2016) memperingatkan Turki untuk menghormati aturan hukum setelah pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan meluncurkan tindakan keras menyusul kudeta yang gagal.

Dikutip dari AFP – July 19, 2016, Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan bahwa kudeta yang terjadi tersebut tidak ada alasan untuk melakukan tindakan berlebihan, seperti dilakukan oleh yang berwenang Turki menangkap lebih dari 7.500 orang.

“Kami pasti akan mendukung membawa para pelaku kudeta terhadap keadilan, tetapi kami juga hati-hati terhadap jangkauan yang melampaui itu,” kata Kerry dalam konferensi pers dengan Mogherini.

Uni Eropa dan AS “mendesak pemerintah Turki untuk menegakkan standar tertinggi menghormati lembaga-lembaga demokratis bangsa dan supremasi hukum”, tambahnya.

Kerry juga mengatakan bahwa NATO, aliansi militer Barat Turki adalah anggota kunci, akan “mengukur sangat hati-hati apa yang terjadi” sehubungan dengan demokrasi.

Kepala NATO Jens Stoltenberg kemudian mengatakan dia sudah berbicara dengan Erdogan mengatakan bahwa “dihargai” sekutu Turki harus tetap berpegang pada standar yang sama dengan 27 anggota lainnya.

“Menjadi bagian dari komunitas yang unik dari nilai-nilai, adalah penting bagi Turki, seperti semua sekutu lainnya, untuk memastikan penghormatan penuh terhadap demokrasi dan lembaga-lembaganya, urutan konstitusional, aturan hukum dan kebebasan fundamental,” kata Stoltenberg dalam sebuah pernyataan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s