Saat Pimpinan KPK Main ‘Makumon Go’

Saat Pimpinan KPK Main 'Makumon Go'
Spanduk MAKUMON GO (Foto:news.detik.com)

Bapernet.com – Apa jadinya ketika Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata melempar Pokeball untuk menangkap ‘Makumon’?

‘Makumon’ yang dimaksud bukanlah jenis monster baru di game yang tengah populer yaitu Pokemon Go. Makumon adalah singkatan dari Mafia Hukum Monster yang diistilahkan oleh Koalisi Pemantau Peradilan (KPP).

Istilah Makumon itu dikreasikan oleh KPP untuk menyoroti beberapa operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK yang sebagian besar menjerat oknum-oknum di pengadilan. Mulai dari panitera pengganti, hakim pengadilan tingkat pertama, hakim pengadilan tata usaha negara, hakim ad hoc tindak pidana korupsi, hingga pejabat di lingkungan Mahkamah Agung (MA).

“Kita simbolisasikan ini sebagai target yang harus ditangkap KPK,” kata salah satu perwakilan KPP Julius Ibrani di KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (26/7/2016).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan bahwa apa yang dilakukan KPK membuktikan bahwa mafia peradilan masih eksis. Namun, Alex menegaskan bahwa mafia peradilan itu tidak akan hilang apabila tidak ada upaya pencegahan melalui reformasi peradilan.

“Tentu kita tidak berhenti denga upaya atau penangkapan tangan tersebut. Tetapi bagaimana kita bisa mendorong referensi peradilan terutama di Mahkamah Agung,” kata Alex.

“Ke depan kita akan mendorong MA untuk memperbaiki sistem peradilan. Itu yang nanti akan kita bicarakan lebih lanjut dengan pimpinan di MA,” ujar Alex melanjutkan.

Setelah itu Alex dan Saut diminta melempar Pokeball ke arah Pikachu yang disimbolkan sebagai ‘Makumon’. Simbolisasi itu menunjukkan agar KPK semakin gencar menangkap mafia-mafia peradilan yang masih beredar.

Sumber: Detik.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s