ISIS Klaim Bertanggung Jawab, Presiden Prancis Resmi Nyatakan Perang

ISIS Klaim Bertanggung Jawab, Presiden Prancis Resmi Nyatakan Perang
Polisi Prancis selidiki gereja Katolik Prancis yang diserang 2 pria bersenjata (REUTERS/Pascal Rossignol)

Bapernet.com, Paris – Militan radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan pastur di Normandy, Prancis.

ISIS menyebut kedua pelaku, yang salah satunya berusia 19 tahun, merupakan kedua ‘tentaranya’.

Terkait pembunuhan pastur dan penyanderaan di Normandy, Presiden Prancis, Francois Hollande bersumpah. Ia akan semakin melancarkan perang terhadap ISIS.

Seruan ini dikeluarkan usai militan radikal itu mengklaim bertanggung jawab atas serangan teror terhadap gereja Katolik di Normandy, Prancis.

Dilansir AFP, Rabu (27/7/2016), “Kita berhadapan dengan sebuah kelompok, Daesh (nama Arab ISIS), yang menyatakan perang terhadap kita,” tegas Hollande dalam pernyataannya.

“Kita harus menyatakan perang, dalam segala bentuk, namun tetap menjunjung tinggi penegakan hukum, karena kita negara demokrasi,” imbuhnya.

Hollande menyampaikan pernyataan ini dalam kunjungan singkat ke kota Saint-Etienne-du-Rouvray, selang beberapa jam setelah serangan terjadi pada Selasa (26/7) waktu setempat.

Saat serangan terhadap pastur terjadi, dua pelaku masuk ke dalam gereja Katolik lokal itu dan menyandera sebanyak lima orang. Pelaku juga menggorok leher pastur Jacques Hamel, yang berusia 84-85 tahun tersebut.

“Komunitas Katolik paling terpukul, namun seluruh warga Prancis juga merasakan kekhawatiran,” tegas Hollande, yang menyerukan persatuan nasional melawan terorisme.

Saat ini, Prancis masih dalam siaga tinggi usai serangan teror truk pembunuh massal di Nice, yang menewaskan sebanyak 84 orang dan melukai lebih dari 300 jiwa.

Pelaku yang terakhir diidentifikasi sebagai warga Prancis keturunan Tunisia, Mohamed Lahouaiej Bouhlel, ia mengemudikan truk besar dengan kecepatan tinggi dan menerjang kerumunan orang saat perayaan Bastille Day pada 14 Juli lalu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s