Militan Salafi Hancurkan Masjid Keramat di Yaman

Militan Salafi Hancurkan Masjid Keramat di YamanBapernet.com, TAIZ – Kota Taiz merupakan tempat yang dikenal dengan banyak bangunan tua dan masjid-masjid bersejarah di Yaman. Namun, yang paling sisayangkan adalah salah satu masjid paling bersejarah di kota tua itu, justru menjadi sasaran penghancuran oleh militan Salafi (radikal Islam Sunni).

Seperti diungkapkan otoritas lokal, masjid yang memiliki satu lantai berbentuk persegi dengan berkubah putih tersebut dihancurkan oleh militan Salafi pada Jumat, 29 Juli 2016 lalu.

Melansir dari dilansir Al Araby, Senin (1/8/2016), Komisi Barang-Barang Antik dan Museum Yaman mengutuk keras penghancuran situs bersejarah yang telah berdiri sejak abad ke-16 itu.

Dari sejumlah laporan lainnya, masjid “keramat” tokoh Sufi Sheikh Abdulhadi al-Sudi tersebut sudah berusia sekitar 300an tahun kemudian dihancurkan dengan bahan peledak oleh pihak militan Salafi dari pimpinan Abu al-Abbas.

Masjid itu merupakan salah satu mesjid dengan kubah putih terbesar di Yaman, dan masjid itu sendiri merupakan satu dari sekian banyak situs paling suci di kota Taiz.

Namun masjid itu kini sudah hancur berantakan, seperti dari sejumlah foto yang bermunculan di masyarakat kota yang kini masih terkepung oleh milisi Houthi, namun di dalam kota masih dikuasai oleh pasukan pemerintah rezim Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s