Biaya Urus SIM Mahal, DPRD Akan Panggil Satlantas dan MSDC

Biaya Urus SIM Mahal, DPRD Akan Panggil Satlantas dan MSDC
Foto: Ilustrasi

Bapernet.com, MEDAN – Biaya yang cukup mahal dan birokrasi yang dipersulit, Komisi A DPRD Medan menyahuti keluhan para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan memastikan pemanggilan pihak Satlantas Polresta Medan dan pihak Medan Safety Driving Centre (MSDC) untuk dilakukan rapat dengar pendapat (RDP) di gedung dewan pada Senin (22/8) depan.

Surat pemanggilan tersebut sudah dilayangkan ke Polresta dan MSDC tertanggal No 005/8540. Kedua pihak itu diundang menghadiri RDP untuk dimintai keterangan di ruang Komisi A DPRD Medan pada Senin, 22 Agustus pukul 10.00 WIB.

Roby Barus, Ketua Komisi A DPRD Medan membenarkan adanya pemanggilan pihak Polresta dan MSDC. “Rencana RDP hari Senin depan,” jawabnya membenarkan, Jumat (19/8).

Roby Barus selaku politisi PDI Perjuangan, sebelumnya mengaku sangat banyak menerima keluhan masyarakat Medan terkait mahalnya pengurusan SIM dan keharusan mengurus sertifikat yang dimonopoli MSDC. Roby juga mengatakan, biaya hingga Rp800 ribu untuk pengurusan SIM A atau C dinilai sangat memberatkan. Untuk itu pihaknya minta supaya segera dievaluasi.

Wakil Ketua Komisi A, Andi Lumban Gaol, juga mengatakan hal yang sama ketika ditanya oleh sejumlah awak media. Ia mengatakan, bahwa dirinya sudah banyak menerima keluhan masyarakat terkait mahalnya biaya pengurusan SIM.

“Kita harapkan kutipan biaya pengurusan SIM ada dasar hukum dan jika memberatkan pemohon supaya ditinjau kembali,” pintanya.

Seperti yang sudah diberitakan oleh banyak media sebelumnya, untuk pengurusan SIM A atau C pemohon harus mengeluarkan biaya sekitar Rp800 ribu yakni Rp421 ribu untuk sertifikat dan Rp300 ribu untuk biaya di kepolisian.

Yang parahnya lagi, untuk bisa mendapatkan sertifikat tersebut harus melalui biro jasa yang dikelola dan diterbitkan MSDC beralamat di Jalan Bilal Medan. (WOL)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s